Fathonah Sri Utami

Bisa itu karena terbiasa, maka akupun kepengin bisa, mulai kubiasakan agar aku bisa. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Salam TOSS

Salam TOSS

24 Maret, merupakan peringatan TBC Sedunia.

137 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 24 Maret Tahun 1882 seorang ilmuwan yang dilahirkan di Clausthal, Jerman pada tanggal 11 Desember 1843 yaitu Dr. Robert Koch mengemukakan bahwa ia telah menemukan penyakit TBC.

Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan TBC, merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. TBC termasuk penyakit paru-paru yang menular, yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Bakteri TBC keluar ke udara melalui droplet atau percikan dahak dan liur pada saat penderita batuk, bersin atau ketika berbicara.

Jika bakteri TBC terhirup oleh orang lain yang sedang dalam kondisi tubuhnya lemah, maka mereka dapat dengan mudah tertular penyakit TBC.

TBC merupakan salah satu penyakit mematikan yang mengancam penduduk Indonesia. Untuk itu, dalam rangka memperingati hari TBC Sedunia UPTD Puskesmas Bobotsari bekerjasama dengan Saka Bakti Husada Kwaran Bobotsari mengadakan kegiatan sosialisasi TBC kepada siswa-siswi yang duduk di bangku SMP, SMA dan SMK sekecamatan Bobotsari.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2019 bertempat di aula Puskesmas Bobotsari. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih dari 40 peserta. Untuk SMP Negeri 4 Bobotsari tempat saya mengajar diwakili oleh 5 (lima) orang perwakilan, yaitu:

Danang Mugio Gesang Yasri Fausani Estylia Eka Pratiwi Rini Agustina Endah Fatikasari

Tema kegiatan yang dilaksanakan UPTD Puskesmas Bobotsari bekerjasama dengan Saka Bakti Husada tersebut adalah "Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai Dari Saya".

Kegiatan sosialisasi ini sangat besar manfaatnya. Dimana para peserta mendapatkan materi tentang TBC dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak tertular TBC dari narasumber Bapak Solihin. Materi tersebut tentunya juga menambah wawasan para peserta kegiatan.

Hasil kegiatan sosialisasi ini nantinya akan ditularkan kembali oleh 5 (lima) perwakilan kami kepada teman-teman lainnya di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan PMR.

TBC bisa dicegah dengan cara Salam TOSS, yaitu Temukan Obati Sampai Sembuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post