Fathonah Sri Utami

Bisa itu karena terbiasa, maka akupun kepengin bisa, mulai kubiasakan agar aku bisa. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

APAKAH INI SEBUAH KELUHAN?

Ketika aku masuk kelas mengajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, disitulah lebelku diakui sebagai guru. Tentu kantorku di ruang guru SMP Negeri 4 bobotsari.

Namun, ketika grup whatsapp gaji ada pengumuman leger gaji sudah siap saat itulah aku berdandan jadi staf tata usaha ambil draf gaji, buat SPM SPP dengan aplikasi SIMDA kemudian menyetornya ke kantor BAKEUDA.

Tidak serta merta begitu saja SPM SPP gaji bisa dikirim. Dikirim dan diterima kalau dilengkapi dengan bukti setor pajak massa. Disitulah aku berdandandan lagi jadi staf tata usaha buka aplikasi DJP Online untuk laporan pajak massa.

Belum lagi maju TAMSIL, belanja modal, honor, ganti uang. Saat itu juga aku berdandan ala staf tata usaha. Kantornya dimana? Di BAKEUDA.

Suatu saat juga grup SIMBANGDA Berbunyi, artinya aku berlagak lagi ala staf tata usaha. Buka aplikasi SIMBANGDA bikin laporan realisasi bulanan. Kantornya di mana? Di SETDA.

Di awal dan pertengahan tahun anggaran pasti grup SIRUP juga akan rame kembali, input lagi data. Berlagak seperti staf lagi tentunya. Terus kantornya di mana? Di kominfo.

Berlagak jadi staf lagi kalau aplikasi SIMRAL minta diisi. Kantornya di mana? Di BAPELITBANGDA. Apa cukup seperti itu? Tidak...jawabnya.

Menjelang akhir tahun anggaran, harus nyusun RKA, DPA untuk tahun berikutnya. Cukupkah satu kali pulang pergi ke BAKEUDA rapat, dan konsultasi? Jawabnya tidak.

Setiap satu semester harus rekonsiliasi keuangan, belum lagi pembinaan rutin bendahara pengeluaran. Cukupkah satu kali pembinaan dalam setahun? Jawabnya tidak. Saat itulah aku juga berlagak layaknya staf tata usaha. Kemana aku saat itu? Ya ke BAKEUDA tentunya.

Apakah hanya itu yang aku kerjakan berkutat dengan aplikasi on line di era semua serba di awang-awang alias di atas awan? Jawabnya tentu tidak.

Ketika ada transaksi untuk honor dan tambahan penghasilan, kubaku juga aplikasi CMS Pemda. Log in lagi, username lagi, pasword lagi. Karena apa? Bukan jamannya lagi bayar tunai, tapi jamannya non tunai.

Berakhirkah sampai disini? Tidak tentunya. Akhir tahun anggaran, bulan Desember sampai Maret lagakku sebagai staf tata usaha juga akan terus berlangsung. Dariinput jurnal, nyusun CaLK sampai menjadi LKD. Cukupkah satu kali maju konsultasi? Kuulang kembali jawabanku, tentunya tidak.

Hmmm....begitulah serangkaian perjalananku. Apakah masih ada? Masih tentunya.

Seperti hari ini contohnya. Dalam satu hari harus menghadiri rapat sebagai guru pendamping UKS jam 9.00 WIB di PUSKESMAS Bobotsari, pengawas simulasi UNBK di SMK Muhammadiyah Bobotsari jam 10.30 s.d jam 12.30 serta harus hadir tepat waktu rapat di BAPELIBANGDA Purbalingga untuk menyelesaikan aplikasi SIMRAL.

Salahkah jika aku bertanya, terus aku harus bagaimana? Minta pertimbangan, yang terbaik. Bukan berarti menolak dengan salah satu tugas itu.

Jawabannya apa? Sudah sana rapat saja, ngawasi simulasi UNBK itu tidak penting, kata salah satu panitia dengan nada sewotnya sambil menghilang seolah jijik dan muak aku mintai pertimbangan.

Cukupkah sampai di situ? Jawabku tidak. Tapi, ya sudahlah. Biarkan dalam alam pikiran mereka orang-orang disekelilingku asyik menari menerka atau bolehlah tidak percaya dengan apa yang aku kerjakan.

Toh pada akhirnya hanya Allah S.W.T yang Maha Tahu segalanya. Pasrah dan beristighfar, astaghfirullahhal'adzim.

@emak kuat anakku sulung noumi, lesung pipit 'aini dan bungsuku si ganteng tamaam. Mari sini emak lanjutkan mendampingi kalian mengulang kembali pelajaran tadi pagi.

Usah risau dengan anggapan orang, waktu terus berjalan, kuatkan hati mantapkan langkah kaki. Esok masih panjang.

Saatnya berdandan cantik, pakai wewangian sambut suami pulang. Seduh segelas kopi hangat, pelepas penat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam kenal kembali, Barakallah..

19 Mar
Balas

Wowww Luar biasa. Baru kali ini aku ketemu Alien yang berubah jadi Transformasi. Ngomong omong adakah orang di luaran sana yang juga memiliki nasib serupa?. Salam kenal dan Barakallah.

18 Mar
Balas



search

New Post